Reviews

Coffee Shop di Bandung (Part I)

because_you_can_lose_it.
Source: www.thebaristalife.com

Ngomongin tentang tempat nongkrong, Bandung punya banyak banget coffee shop ataupun cafe yang asik buat ngopi dan kumpul-kumpul. Dalam proses mengurangi konsumsi kopi instan, saya dan suami mulai menjajaki beberapa coffee shop yang katanya recommended di Bandung. Setiap coffee shop memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing. Ada yang kopinya enak, tetapi tempatnya kecil, ada yang kopinya biasa-biasa saja, tetapi tempatnya nyaman dan luas, sampai kepada penyedian tempat ibadah (musholla) bagi yang suka nongkrong lama di cafe. Okay, then, let’s start the review.

1. One Eighty

Personal rate: 4 / 5

Taste: 4 Place: 4 Price: 4 Cleanliness: 4 Service: 4

180-coffee-and-music
Source: trivindo.com

One Eighty adalah salah satu tempat ngopi hits di Bandung di mana kalian bisa ngopi sambil kecek-kecek alias main air. Yup, coffee shop ini memiliki area nongkrong yang unik di mana terdapat area kolam setinggi kurang lebih 15 cm. Harus bawa celana ganti dong? Tenang, untuk yang nggak mau basah-basahan atau yang pake gamis kaya’ saya, masih ada area cafe yang bebas air kok. Ehehe.

Biasanya saya pesan hot capuccino. Rasanya cukup strong dan agak asam ya. Bagi yang punya masalah lambung, bisa pilih opsi lain ya. Untuk pilihan menu makanannya ya seperti standar cafe pada umumnya di mana menyajikan pilihan Western food dan snack ya.

Harga kopinya tergolong murah dimulai dengan harga sekitar 19,000, sedangkan untuk makanan berat dibandrol dengan harga dari 25,000 ke atas dengan beberapa pilihan snack, salah satunya french fries dengan harga yang lebih murah. Jadi kalau nggak mau makan mahal, mending makan dulu di rumah terus baru ngopi deeeh.

Jl. Ganeca No.3, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132 (dekat Masjid Salman ITB)

2. Noah’s Barn

Personal rate: 4.6 / 5

Taste: 5 Place: 5 Price: 3 Cleanliness: 5 Service: 5

noah-barn1
Source: urbandung.com

Coffee shop yang terletak di dekat area ITB ini juga termasuk coffee shop yang paling recommended di Bandung. Tidak hanya menyajikan olahan kopi untuk para pecinta kopi, Noah’s barn juga memiliki barista academy yang katanya melahirkan barista-barista professional yang tersebar di beberapa coffee shop lain di Bandung. Untuk racikan kopinya tentu saja tidak usah ditanya lagi. Citarasa kopi yang kuat, tetapi tidak asam sangat pas dengan selera saya. Sajian kopi di sini berkisar dengan harga 35,000 keatas.

1544158641617-01.jpeg

Menemani waktu santai sambil ngopi, kita juga bisa memilih beberapa menu makanan dan snack. Waktu itu saya memesan pasta yang harganya sekitar 45,000. Walaupun sedikit mahal, tetapi rasanya memang enak.

Dibandingkan dengan One Eighty, Noah’s barn memiliki area yang lebih luas karena hanya terdiri dari 1 lantai. Jika kalian ingin mengadakan acara perayaan ulang tahun atau sejenisnya, tersedia hall berukuran sedang yang bisa dipesan. Selain itu, bagian smoking area juga memiliki area photo spot yang menarik bagi yang suka foto-foto atau mau cari coffee shop yg instagramable.

Jl. Dayang Sumbi No. 2, Dago Bawah, Bandung

3. Cups

Personal rate: 3.6 / 5

Taste: 3 Place: 3 Price: 4 Cleanliness: 4 Service: 4

Processed with VSCO with c4 preset Processed with VSCO with c4 preset
Source: caferestodiary.com

Kesan pertama ketika masuk coffee shop yang satu ini adalah wangi. Cups memiliki tempat yang lebih kecil dibanding 2 coffee shop sebelumnya. Dihias dengan unik, yaitu dengan tanaman-tanaman kaktus (kaya’nya nggak asli ya) dan tanaman wangi (lupa namanya) yang diikat dan digantung di atap cafe. Non-smoking area hanya tersedia di pojok dengan sofa yang terlampau besar menurut saya.

Sayangnya, kopi yang disajikan memiliki cita rasa yang kurang khas. Kalau kalian mampir kesini mungkin bisa coba menu makanan yang dibungkus unik dan apik dengan harga dari 40,000.

Jl. Trunojoyo No.25, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

4. My Kopi-O!

Personal rate: 3.6 / 5

Taste: 3 Place: 3 Price: 4 Cleanliness: 4 Service: 4

dscf3972
Source: dosenkuliner.com

Ternyata My Kopi-O ini sudah tersebar di beberapa area Pulau Jawa loh. My Kopi-O! merupakan cafe yang berada di area Hay Hotel. Tempatnya tidak terlalu luas dan interiornya sederhana, tetapi tetap nyaman. Seperti cafe-cafe hotel pada umumnya, kopi ini juga menyediakan beberapa menu makanan dan cemilan, tetapi dengan harga yang relatif murah. Menurut saya, rasa kopinya sangat kuat dan sedikit asam. Sayangnya jika dicampur dengan almond jadi kurang cocok di lidah saya.

Jl. Trunojoyo No. 19 Bandung – 20116

5. Yumaju

Personal rate: 4.4 / 5

Taste: 5 Place: 3 Price: 5 Cleanliness: 5 Service: 4

745
Source: tabloidbintang.com

Yumaju! Salah satu coffee shop favorit saya yang sedang melejit popularitasnya. Pernah lihat foto Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno lagi main catur di Bandung? Ya di sinilah tempatny. Yumaju baru saja membuka cabang ke-2 nya di Bandung.

Yumaju memiliki tempat yang cukup mini untuk ukuran coffee shop di Indonesia. Jadi seringnya penuh dan saya agak kurang nyaman kalau mau nongkrong agak lama di sana. First trial kami gagal ketika pertama kali datang ke Yumaju (cabang 1) dengan mendapati non-smoking area yang lagi penuh-penuhnya sehingga kami putuskan untuk ngopi ke tempat lain dulu. Maklum, saya bawa anak kecil, jadinya selalu mengincar ruangan non-smoking. Second trial, kami datang pas weekend dan lebih pagi, yaitu sekitar jam setengah 9 pagi. Oh ya, jam operasional Yumaju ini cukup pagi loh. Jam 7 sudah buka, guys! Kalau jam-jam pagi sih masih banyak bangku kosong, tetapi tidak lama setelah itu beberapa orang yang masih mengenakan pakaian olahraganya berbondong-bondong masuk. Ah. Ternyata Yumaju juga memberikan promo setiap weekend bagi para bikers atau konsumen yang berolahraga di hari itu. Syaratnya sih kalau nggak salah harus masih mengenakan baju olahraganya ya.

Di sisi lain, saya suka interior design yang sederhana karena mengingatkan saya dengan beberapa coffee shop di Korea. Sayangnya menurut saya ada beberapa meja yang terlalu kecil dan kurang memanfaatkan space yang ada.

Tentang kopinya, this is my 2nd favorite after Noah’s Barn. Sayang sekali saya lupa pilihan biji kopinya apa saja. Saya hanya ingat yang kami pesan saat itu adalah biji kerinci. Kalian bisa pilih biji kopinya dan tingkat kepekatan kopinya, strong atau light. Waktu itu saya pilih yang strong dan benar-benar bikin bahagia pas minumnya. Selain itu, kopinya tidak asam, jadi aman buat lambung dan harganya sangat bersahabat.

Cabang 1: Jl. Maulana Yusuf No.10, Citarum, Bandung Wetan

Cabang 2: Jl. Menado Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung

Jadi gimana, guys? Mau cobain coffee shop yang mana dulu nih kalau lagi mampir ke Bandung? Sampai saat tulisan ini di-posting, kami baru menjelajahi 16 coffee shops di Bandung, termasuk coffee shops franchise seperti Starbuck, JCO, Excelso, dan Maxx Coffee. Next post, saya akan share review tentang 5 coffee shop lainnya ya. Stay tune!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s