Daily Life · Shows

Konsumen Youtube

Sebagai stay-at-home mom, intensitas saya berinteraksi dengan Youtube meningkat cukup signifikan. Salah satu alasannya adalah dengan menonton di Youtube saya bisa memilih dan memilah apa saja yang saya suka atau penting untuk ditonton dan tentu dengan jumlah iklan yang tidak terlalu banyak dan lama.

Channel yang saya sering buka berkisar tentang pembicaraan politik dan isu-isu kekinian terutama di Indonesia, ceramah-ceramah keagamaan, demo game, dunia masak-memasak, pengetahuan seputar skincare, trailer film yang lagi hits ataupun rekomendasi film-film lama, dan video kucing. Beberapa video yang saya tonton dan anggap bagus biasanya saya share langsung via Twitter. Di sini saya ingin share beberapa video yang saya tonton akhir-akhir ini dan layak untuk ditonton.

1. Tentang Toa
Isu krisis toleransi menjadi semakin panas akhir-akhir ini. Untungnya, masih banyak orang-orang yang mau berbagi pemikiran kritisnya untuk meredam rasa saling benci. Salah satunya video Pandji tentang Toa. Dari kalangan ustadz pun ada yang membuat penjelasan tentang bagaimana seharusnya adab dalam menjalankan perintah Allah tanpa mengganggu orang-orang di sekitar.

2. Pilpres 2019
Karena saya lebih sering menjadi silent reader, di Twitter pun banyak terjadi peperangan pendapat atau bahkan hanya semacam spekulasi-spekulasi tidak mendasar tentang proses Pilpres mendatang. Pandji membahasnya dalam beberapa video.

Namun, jangan menjadikan satu narasumber saja sebagai patokan untuk menilai. Di sinilah saya melihat keuntungan menonton di Youtube di mana banyak kalangan yang memiliki media untuk menyuarakan pendapatnya.

3. Bekal menuju Ilahi
Judul itu merupakan salah satu judul dari acara Shihab & Shihab yang dibawakan oleh Najwa Shihab beserta ayahnya, Quraish Shihab. Pembahasan yang cukup singkat dan ringan dari salah satu ahli tafsir Al Qur’an di Indonesia.

4. Tafsir Al Qur’an dan Ceramah Keagamaan
Youtube juga bisa menjadi salah satu sumber pembelajaran untuk lebih memahami agama kita. Bagi saya channel-channel seperti yang dimiliki Syafiq Reza Basalamah, Adi Hidayat, dan Nouman Ali Khan sangat membantu dalam menyediakan ilmu-ilmu keagamaan. Berikut ini beberapa video yang saya gandrungi akhir-akhir ini.

5. Seputar masak-memasak
Membuat video berkualitas yang menarik dan tidak membosankan merupakan salah satu tantangan bagi influencer dan professional creator. Termasuk dalam urusan dapur. Saya sering mengikuti channel JunsKitchen dan Yuda Bustara untuk resep-resep makanan atau sekedar memuaskan lapar mata.

6. Demo Game
Tidak lama ini saya menemukan salah satu channel demo game yang cukup bagus menurut saya, yaitu channel MiawAug. Channel tersebut bisa ngobatin kangen dengan keasikan Pewdiepie dalam membawakan demo game. Hanya saja MiawAug membawakannya dalam bahasa Indonesia.

7. Video Kucing
Kalau yang satu ini dikarenakan anak saya suka sekali sama kucing. Salah satu favorit channel saya adalah Cream Heroes.

Kalau kalian buka Youtube biasanya nonton apa saja nih?

One thought on “Konsumen Youtube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s