Culinary

Jajanan Kekinian (Katanya)

Siapa sih yang tidak tahu bisnis oleh-oleh kekinian yang dimiliki oleh beberapa artis terkenal di Indonesia? Kali ini saya ingin cerita sedikit tentang 2 brands oleh-oleh kekinian yang dimiliki oleh Laudya Cynthia Bella dan Zaskia Sungkar

Jadi, Ceritanya..

Source: Google

Berdomisili di Bandung, awalnya tidak membuat saya tertarik untuk membeli Bandung Makuta. Bisnis kue kekinian ini dimiliki oleh Laudya Cynthia Bella. Antriannya yang panjang banget itu sudah cukup bikin ilfeel duluan. Walaupun in the end memaksakan beli ketika mudik dengan alasan, nggak puas kalau paling nggak coba sekali.

Source: Google

Selain Bandung Makuta, ada juga Snowcake yang lebih dahulu diusung oleh Zaskia Sungkar. Berada di bawah manajemen yang sama, jannah corp, kedua brand oleh-oleh tersebut menawarkan jenis-jenis cake manis dengan tema sama, yaitu perpaduan cake bolu dan pastry.

Review Singkat

Snowcake yang lebih dahulu well known dibandingkan Bandung Makuta. Mendapatkan rate yang lumayan bagus dari customer (google review 4.0). Sedangkan ketika melihat review Bandung Makuta, banyak yang memberikan bintang 1 (google review 2.9). Jikalau review minus tentang Snowcake adalah tentang rasa yang biasa-biasa saja, Bandung Makuta mendapatkan kritik tentang antrian dan manajemen yang dirasa kurang baik oleh customer.

Snowcake menggunakan banyak cara untuk menjangkau customer sehingga customer dapat memilih cara membeli–bisa dengan datang ke outlet langsung, gojek, delivery ke luar kota pun sudah tersedia. Dan poin plus-nya, Snowcake memanfaatkan momen-momen penting dan ramai calon customer, seperti saat mudik. Snowcake membuka stand di salah satu stasiun di Surabaya. Iya. Teknik menjemput bola. Saya tidak tahu, apakah sistem ini sudah di-mantain dari awal atau baru-baru saja. Yang jelas, calon customer yang tertarik untuk mencoba Snowcake tak perlu direpotkan untuk datang ke outlet resminya dan antri berlama-lama.

Berbeda dengan Bandung Makuta. Antrian yang sangat banyak dan banyaknya calo menjadi nilai negatif yang dianggap merugikan customer. Apakah worth it menunggu berjam-jam untuk sebuah kue yang rasanya belum tentu cocok di lidah? Awalnya saya bertekad untuk antri sendiri. Datanglah pagi-pagi ke toko ke-2 Bandung Makuta. Eh, bukan rejeki, tokonya belum buka karena masih underconstruction. Padahal hari sebelumnya, buka jam 1 untuk opening. Mungkin saya yang missed membacanya, tetapi tidak ada pemberitahuan di akun instagramnya. Ya, saya anggap jam buka normal seperti toko yang pertama.

Akhirnya pulang dengan tangan kosong. Mencoba menggunakan fasilitas gosend, dan akhirnya sama saja–beli di pinggir jalan. Bayangin aja harganya jadi berapa kan? Dari harga normal sekitar 65k, dijual 90k plus ongkos bapak go-send. Namun, dari beberapa review sih emang mending beli di pinggir jalan. Katanya antrinya nggak worth dengan rasanya.

Yang Bikin Tertarik Beli

Honestly, pertama banget, saya tertarik dengan ads-nya di Instagram. Editing photo dengan quote lucu dan design minimalis membuat saya tertarik. Bukan untuk mencoba kuenya, hanya ingin pegang kotaknya langsung. Aneh ya? Tau gitu kan pinjem ke customer yang udah beli dan minta pegang aja sebentar. Sambil diputa-putar ala-ala 360. Ahaha..

Suami dan anak yang dipaksa jadi model

Tentang Rasa dan Tampilan

I didn’t expect much about the taste. Namun, setidaknya pernah coba sekali. Alhamdulillah yang dibawain oleh-oleh suka dengan rasanya though not that special. Namun, menurut saya, tampilan Snowcake lebih menarik walaupun susah sekali untuk memotong cake-nya dan makannya pun berantakan sekali–gula bertebaran kemana-mana karena bagian pastry yang susah dipotong rapi.

Overall, ya okay lah ya. Untuk jajanan yang tidak sering dikonsumsi it’s good enough. Selamat mencoba. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s